Persamaan Gejala Menopause Dan Kehamilan

Persamaan Gejala Menopause Dan Kehamilan ,-

Apakah Anda mengalami kebingungan saat menopause terjadi? Ataukah Anda mengira itu tanda-tanda kehamilan? Ingat, jangan sampai tertukar menopause dengan kehamilan

Menopause didefinisikan sebagai tidak adanya periode menstruasi selama 12 bulan. Inilah saatnya dalam kehidupan seorang wanita saat fungsi indung telur berhenti. Proses menopause tidak terjadi dalam semalam, melainkan proses bertahap. Masa transisi perimenopause inilah yang disebut pengalaman yang berbeda bagi setiap wanita. Ini adalah tahap yang terjadi ketika tubuhnya berhenti membuat begitu banyak hormon estrogen dan progesteron.

Sebelum menopause, wanita biasanya mengalami masa transisi yang disebut perimenopause. Selama masa ini, seorang wanita mungkin memperhatikan bahwa menstruasinya mulai berubah dalam keteraturan, durasi, dan dengan jumlah pendarahan.

Gejala Menopause Dan Kehamilan Yang Sama

Gejala Menopause Dan Kehamilan Yang Sama

Gejala Menopause

Selain perubahan pada menstruasinya, seorang wanita mungkin mengalami tanda-tanda menopause lainnya seperti di bawah ini:

  1. perasaan mendadak yang ekstrem, menyebabkan ketidaknyamanan dan berkeringat
  2. kesulitan tidur nyenyak
  3. perubahan suasana hati
  4. peningkatan frekuensi buang air kecil dan infeksi saluran kemih
  5. kekeringan pada vagina yang membuat seks tidak nyaman
  6. kurang minat seks

Gejala Kehamilan

Banyak gejala menopause yang mirip dengan kehamilan. Bila seorang wanita hamil, dia tidak akan menagalami masa menstruasi tapi mungkin mengalami beberapa bercak ringan yang bisa salah arti  dalam suatu periode. Banyak wanita hamil juga mengalami perubahan suasana hati dan masalah tidur. Gejala Menopause Dan Kehamilan Yang Sama

Gejala lain yang berhubungan dengan kehamilan meliputi:

  1. kelelahan
  2. sakit kepala
  3. mual atau muntah, terutama di pagi hari
  4. bolak balik kamar mandi lebih sering
  5. payudara membengkak

Karena banyak dari gejala-gejala ini yang mirip dengan menopause, ada kemungkinan seorang wanita bisa mengira dirinya hamil saat dia benar-benar mengalami menopause, atau sebaliknya. Ada berbagai cara untuk mengidentifikasi apakah seorang wanita itu mengalami menopause atau mengalami kehamilan. Salah satunya yaitu dengan cara memeriksakan kehamilan adalah cara paling pasti untuk menguji apakah seorang wanita hamil atau mengalami menopause.

Perut akan diperiksa dengan mesin gelombang suara atau USG untuk meninjau apakah di dalam terdapat detak jantung janin atau tidak. Gejala Menopause Dan Kehamilan Yang Sama

Langkah jika mengalami menopause

Jika seorang wanita sedang menopause, ada beberapa langkah yang bisa dia lakukan agar tetap sehat. Seperti:

Mengonsumsi makanan sehat

Seorang wanita harus banyak makan buah, sayuran, daging tanpa lemak, dan susu rendah lemak. Dia juga harus memngkonsumsi banyak kalsium dan vitamin D, karena dapat memperkuat tulang. Estrogen menurun selama menopause, yang dapat menyebabkan tulang menjadi kurang padat daripada sebelumnya.

Berolahraga

Olahraga dapat membantu meringankan stres, menjaga otot tetap kuat, dan jantung sehat. Olahraga tidak harus melakukan yang terlalu berat untuk menjadi efektif. Berjalan, bersepeda, atau berpartisipasi dalam kelas latihan, seperti aerobik, selama 30 menit setiap hari, adalah contoh kebiasaan berolahraga yang baik.

Melakukan pemeriksaan rutin

Pemeriksaan tahunan dapat membantu dokter mengidentifikasi masalah kesehatan atau perawatan yang mungkin dibutuhkan wanita saat ia mengalami menopause. Sebagai aturan umum, sebelumnya masalah dapat didiagnosis, dan menghasilkan perawatan yang lebih efektif. Gejala Menopause Dan Kehamilan Yang Sama

Langkah jika mengalami kehamilan

Selama mengalami kehamilan, sangat penting untuk minum banyak air agar ibu dan bayi tetap sehat dan tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Dokter mempertimbangkan wanita hamil yang berusia 35 tahun atau lebih, pada usia lanjut harus lebih diperhatikan. Terlepas dari usia, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan seorang wanita untuk menjaga kehamilannya agar tetap sehat bagi dirinya dan bayinya. Seperti: Gejala Menopause Dan Kehamilan Yang Sama

♥Mengubah kebiasaan gaya hidup

Wanita hamil harus menghindari kebiasaan merokok, tidak boleh menggunakan obat-obatan terlarang, dan minum alkohol dalam jumlah berlebihan yang dapat menyebabkan kelainan saat melakukan persalinan atau masalah janin lainnya.

♥Meninjau obat

Seorang wanita hamil mungkin ingin meninjau kembali obat yang diminumnya dengan dokternya, untuk memastikan mereka aman selama kehamilan.

♥Mengonsumsi makanan sehat

Wanita hamil harus banyak makan buah, sayuran, dan biji-bijian. Banyak dokter yang menganjurkan agar ibu hamil menghindari sushi dan daging mentah lainnya, daging deli, ikan bermerkuri tinggi, kerang mentah, telur mentah, dan susu yang tidak dipasteurisasi karena dapat meningkatkan risiko komplikasi pada bayi.

♥Menghilangkan stres dan kecemasan

Ini bisa mencakup aktivitas seperti bermeditasi, olahraga ringan, menulis jurnal, mendengarkan musik, atau membaca buku. Gejala Menopause Dan Kehamilan Yang Sama

♥Banyak tidur

Istirahat penting untuk membantu wanita hamil menjaga tingkat energinya tetap utuh.

♥Minum banyak air

Volume darah seorang wanita meningkat drastis selama kehamilannya, yang berarti dia membutuhkan banyak air untuk menjaganya dan bayinya terhidrasi. Sebagai aturan umum, jika urin wanita berwarna kuning pucat, dia terhidrasi dengan baik.

Seorang wanita harus sering berkonsultasi dengan dokter yang mengkhususkan dengan dirinya dalam perawatan ibu hamil, yang dikenal sebagai dokter kandungan, menurut saran dokternya. Perawatan prenatal secara teratur dapat membantu seorang dokter mengidentifikasi dan mengantisipasi komplikasi kelahiran potensial.

Karena wanita hamil dan wanita yang mengalami menopause mengalami banyak gejala yang serupa, terkadang sulit untuk mengidentifikasi kondisi mana yang sedang dialami. Jadi, setiap wanita yang tidak yakin dengan gejala apa saja yang dialami, sebaiknya bicara ke dokter untuk mendapat saran atau melakukan tes lebih lanjut. Gejala Menopause Dan Kehamilan Yang Sama

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*