Cara Menjaga Berat Badan Sehat

Cara Menjaga Berat Badan Sehat,-

Cara mendapatkan berat badan yang sehat dan juga ideal memang terlihat sangat sulit dan perlu usaha dan waktu yang efektif. Banyak segala cara yang telah dilakukan tetapi tidak membuahkan hasil yang maksimal, atau juga ada yang sudah mencapai target ideal tetapi kembali lagi ke berat badan yang semula. Nah, untuk itu mari kita simak sampai selesai cara menjaga berat badan yang sehat.

Anda perlu fokus pada kualitas gizi, kuantitas, dan waktu makan serta menyeimbangi makanan ringan. Sebaiknya berat badan saat ini sangat patut untuk diperhatikan, agar berat badan tidak menjadi suatu timbunan penyakit dalam tubuh yang bisa membunuh secara diam-diam. Cara Menjaga Berat Badan Sehat

Bisa jadi berat badan yang lebih menjadi risiko kesehatan yang serius bagi orang dewasa dan anak-anak, yang menyebabkan tingkat diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke yang melonjak, serta masalah kesehatan lainnya. Tetapi kekurangan berat badan juga tidak meutup kemungkinan bisa menyebabkan banyaknya masalah didalam tubuh.

Cara Menjaga Berat Badan Sehat

Cara Menjaga Berat Badan Sehat

Berat badan yang kurus juga tidak baik bagi kesehatan tubuh karena dapat memicu berbagai masalah lain yang cukup serius. Menurut sebuah studi menyatakan bahwa tubuh yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang di bawah 18,5 yang memilki tubuh kurus atau kering kerontang akan mengalamiĀ  kekurangan kalori dalam tubuh, kehilangan vitamin, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berat Badan Kurang Tidak Hanya Karena Porsi Makan Yang Dikurangi

Berat badan yang kurang bisa jadi akibat tidak cukupnya asupan kalori, atau bisa juga akibat masalah kesehatan lainnya, kata Eric Feigl-Ding, PhD, ilmuwan nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston. Beberapa dari masalah tersebut dapat menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makannya, mengkonsumsi lebih sedikit kalori, dan menurunkan berat badan, sementara masalah yang lainnya akan menyebabkan penurunan berat badan meski tidak mengubah pola makan sedikitpun pada mereka.

Beberapa penyebab umum kekurangan berat badan meliputi:

Unsur Genetika. Orang dilahirkan dengan metabolisme alami atau nafsu makan yang berbeda, sehingga banyak orang yang memilki berat badan yang ideal secara alami.

Sangat Aktif. Banyak aktivitas fisik berarti bisa membakar lebih banyak kalori daripada orang yang tidak aktif. Jika Anda seorang atlet, berolahraga banyak, atau bekerja dengan sangat aktif, mungkin akan memerlukan lebih banyak kalori daripada dengan seseorang yang kurang aktif.

Akibat Penyakit. Termasuk masalah tiroid, diabetes, penyakit pencernaan seperti penyakit Crohn atau sindrom dapat mengidentifikasi gejala lain dan membuat diagnosis yang tepat jika hal ini terjadi untuk Anda.

Ketergantungan Obat-Obatan. Obat bebas atau obat yang tidak dianjurkan oleh dokter juga dapat menyebabkan rasa mual dan mengurangi nafsu makan, sehingga dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Stres. Stres, kewalahan, atau terus-menerus cemas bisa mempengaruhi nafsu makan dan penurunan berat badan. Perasaan ini bisa disebabkan oleh kerja, hubungan, atau peristiwa kehidupan lainnya.

Depresi dan Masalah Psikologis. Mengalami kegelisahan, dan kondisi kesehatan mental dapat mengganggu pola makan dan nafsu makan yang sehat danbisa mempengaruhi berat badan. Cara Menjaga Berat Badan Sehat

Ketakutan Dengan Masalah Bentuk Tubuh. Ketakutan dengan distorsi gambar tubuh dapat dengan cepat berubah menjadi gangguan makan, yang dapat menyebabkan masalah berat badan dan kekurangan gizi.

Merokok. Aktivitas ini juga dapat mengurangi nafsu makan, membuat perokok lebih cenderung kekurangan berat badan.

Menjadi Kurang Berat Badan Dapat Menuju Masalah Kesehatan

Seseorang yang memiliki berat badan kurang sering tidak cukup sehat. Tapi ada beberapa masalah kesehatan yang bisa langsung disebabkan karena kekurangan berat badan. Diantaranya

Kekebalan Tubuh Berkurang. Orang yang sangat kurus karena nutrisi atau gizi buruk yang dikompromikan tidak dapat menyimpan energi, sehingga sulit untuk melawan infeksi.

Pertumbuhan Dan Perkembangan Yang Tertunda. Anak-anak dan remaja membutuhkan energi dan nutrisi, yang mereka dapatkan dalam makanan, tumbuh dan berkembang baik secara fisik maupun mental.

Kesuburan Wanita. Dengan BMI yang sangat rendah mungkin berhenti menstruasi atau mengalami menstruasi yang tidak teratur, yang mungkin membuat kehamilan menjadi lebih sulit.

Mengalami Risiko Osteoporosis. Risiko kerapuhan lebih tinggi akan dialami pada seseorang yang lebih kurus, sebagian karena kekurangan vitamin D dan kalsium. Tapi juga semakin tipis Anda, semakin sedikit mineral yang membangunkan stres pada tulang Anda, yang membantu memperkuat dan melindungi dari kerusakan.

Anemia. Orang yang melakukan diet sehingga badannya berubah menjadi sangat kurus mungkin kurang zat besi, dan akan mengakibatkan anemia.

Inilah Cara Mendapatkan Berat Badan Dengan Cara Sehat

Untuk menambah berat badan, Anda harus mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar, berarti Anda perlu makan lebih banyak. Tapi berlebihan juga tiak baik karena akan mengalami sakit perut dan sakit pada bagian kepala. Meskipun dengan makan makanan yang bisa meningkatkan asupan kalori Anda. Tetap ini tidak akan menjaga kesehatan dalam jangka panjang. Pertama, pikirkan bagaimana Anda makan.

Apakah Anda mengkonsumsi makanan sampai Anda tidak lapar lagi, atau sampai kenyang?

Seringkali, orang yang sangat kurus berhenti makan saat mereka tidak lagi merasa lapar. Tapi jika Anda ingin menambah berat badan, berkonsentrasilah pada makan, sampai Anda benar-benar merasa kenyang. Mungkin akan menghabiskan lebih banyak kalori dengan seperti itu.

Intinya bukan untuk pesta , tapi untuk memberi ide dalam memenuhi berapa banyak kandungan yang bisa menambah berat badan. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan berat badan dengan aman jika Anda kekurangan berat badan:

  1. Jangan hanya mempertimbangkan kalori.
  2. Usahakan membuat sebagian besar nutrisi yang Anda konsumsi padat, tidak hanya berkalori tinggi.
  3. Dengan karbohidrat yang baik, seperti biji-bijian dan protein tanpa lemak.
  4. Makan lebih sering.
  5. Jika Anda merasakan kenyang lebih cepat, padahal masih membutuhkan asupan untuk menambah berat badan. Cobalah untuk menambah beberapa kali lagi porsi makanan tetapi jangan membuat Anda kewalahan, ingat ini bukan pesta makan.
  6. Bisa dengan porsi kecil tetapi tidak mengurangi kandungan kalori yang dibutuhkan untuk menambah berat badan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*